Selasa, 23 Februari 2010

BATIK, SALAH SATU ADAT KEBANGGAN INDONESIA

Salah satu pakaian adat Indonesia yang paling terkenal adalah batik. Jelas saja, karena batik sudah diresmikan menjadi pakaian para pegawai negeri, dan penetapan hari batik pada tanggal dua oktober, sebenarnya batik sendiri tidak hanya berasal dari Indonesia, dari luar negeri pun ada, misalnya dari tiongkok, bajkan dari Afrika. Tetapi di Negara tersebut Cuma teknik pembuatannya saja yang sama.


Batik sendiri adalah salah satu cara pembuatan bahan pakaian, pemberian motif batik yang indah itu dengan menggunakan malam cair yang dipanaskan, dalam kancah internasional disebut wax-resist dyein. batik adalah karya seni yang bernilai tinggi dan merupakan warisan kebudayaan Indonesia khususnya Jawa. Karena Jawa merupakan tempat berkembangnya batik.

Dulu batik dibuat diatas kain yang terbuat ari kapas bernama mori, tapi seiring perkembangan zaman kain yang digunakan juga ikut berkembang, bahkan sampai menggunakan kain sutera. Seberti disebutkan di atas, motif batik dibuat menggunakan malam atau lilin dengan menggunakan alat bernama canting untuk motif halus, atau kuas untuk motif besar. Selanjutnya lilin akan meresap keserat kain. Lalu kain batik yang motifnya sudah jadi akan dicelupkan di dalam bahan kimia untuk melarutkan lilinnya.

Batik mempunyai motif yang sangat beragam, tergantung dari daerah asal batik tersebut. karena cerita setiap daerah berbeda dengan daerah lainnya, karena motif batik sangat dipengaruhi oleh daerah asalnya. Bukan Cuma dipengaruhi daerah asalnya, ada batik yang motifnya merupakan lambing keluarga tertentu, batik bangsawan dan lain-lain.
Batik mulai diperkenalkan pada dunia oleh mantan presiden soeharto pada saat menghadiri konferensi PBB, beliau menggunakan batik saat itu. Kemudian dunia mulai mengenal batik, bahkan sampai ke Eropa.

Dulu. Batik digunakan oleh orang tua, bangsawan, dan ritual adat. Tapi karena kesenian batik yang bernilai tinggi kini batik telah menjadi satu tren di dunia fashion. Banyak desainer Indonesia yang memilih batik sebagai salah satu rancangannya, ada yang membuatnya sebagai gaun pengantin dan lain-lain. Anak muda Indonesia pun memilih batik sebagai alternative pakainnya, mereka memodifikasi batik sedemikian rupa sehingga menjadi keren.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar